Home > Cantik

Suka Soft Makeup? Simak 5 Langkah Ini

Namun, ada gaya yang tak lekang oleh waktu, yaitu soft makeup atau no-makeup makeup.
Merias wajah (Foto: Canva)
Merias wajah (Foto: Canva)

GAYA KITA – Tren makeup dan fashion terus bergulir atau berulang setiap era. Misalnya gaya alis tipis, tebal alami, lurus ala K-beauty, hingga kemudian kembali ke model alami mengikuti alis asli. Adapula teknik coutouring dan shading yang membuat rahang terlihat lebih tirus.

Namun, ada gaya yang tak lekang oleh waktu, yaitu soft makeup atau no-makeup makeup. Gaya ini lebih menekankan pada wajah sebagai aset alami dan menekankan pada keunikan individu masing-masing.

“Makeup yang soft dan alami cocok digunakan siapapun karena menampilkan diri sendiri dalam versi yang lebih cantik dan lebih baik,” ujar makeup artist Natalie Dresher yang dikutip Real Simple.

Asyiknya, produk yang digunakan pun tidak banyak. Soft makeup dapat diterapkan pada berbagai acara dari siang hingga malam hari. Bahkan ada trik mudah saat gaya ini ingin dibuat lebih bold. Yuk, ikuti langkah berikut.

1. Wajah yang sehat

Konsep soft makeup dalam menampilkan kulit yang sehat sehingga akan menjadi daya tarik utama. Gunakan moisturizer dan tabir surya sebelum bermakeup.

2. Tak perlu foundation

Untuk riasan wajah yang terbilang ringan ini, sebaiknya memilih tinted moisturizer yang lebih ringan dibandingkan foundation. Selain melembabkan, formulanya cukup meratakan warna kulit, meski tidak full-coverage.

Uniknya, Dresher menyarankan agar kita mengaplikasikan tinted moisturizer dengan jari agar lebih efektif. Menurutnya, aplikasi dengan jari mencegah produk terserap terlalu banyak dibanding menggunakan kuas atau sponge.

3. Gunakan concealer sedikit saja

Jika ada noda pada wajah, gunakan concealer sedikit saja. Dresher mencontohkan beberapa titik yang perlu diperhatikan antara lain di bawah mata, sekitar hidung, atau beberapa bekas noda jerawat.

Prinsipnya adalah less is more. Ini untuk menghindari makeup terlihat tebal, tidak menempel dengan sempurna pada kulit, atau “pecah”.

4. Gunakan blush dalam bentuk krim

Menurut Dresher, penggunaan blush dalam bentuk krim memberi kesan kulit yang bersinar dan tampak lebih segar dan muda. Namun, tentunya pilihan kembali pada kita dan disesuaikan dengan jenis kulit. Para makeup artist biasanya menyarankan pemilik kulit berminyak untuk memakai blush dalam bentuk powder.

5. Riasan mata yang minimal

Dalam hal ini, andalan utama untuk riasan mata menurut Dresher adalah maskara. Ia menekankan untuk memiliki maskara yang tepat agar tidak meleber sehingga terlihat seperti mata panda.

Tak suka maskara? Laman Loreal Paris USA menyebutkan salah satu gaya riasan soft dapat dicapai dengan tampilan monokrom. Caranya, pilih eyeshadow, blush, dan lipstik warna senada yang cocok dengan undertone kulit.

Pemilik kulit dengan cool undertone misalnya, dapat memilih nuansa pink atau mauve untuk eyeshadow, blush, dan lipstik. Sedangkan pemilik kulit dengan warm undertone akan serasi tampil dengan nuansa koral atau peach.

Kok tanpa powder? Boleh saja kok jika ingin menambahkan bedak tabur atau bedak padat untuk mengunci riasan. Gaya Kita menyarankan aplikasi bedak dengan kuas agar lebih merata dan ringan.

Ringkasan:

  • Wajah yang sehat
  • Tak perlu foundation
  • Gunakan concealer sedikit saja
  • Gunakan blush dalam bentuk krim
  • Riasan mata yang minimal

Tip Tampil Lebih Bold:

Jika riasan soft ini ingin lebih bold, kita dapat menyulapnya dengan mudah. Salah satu triknya adalah oleskan lipstik dengan warna lebih intens dan pekat. Jangan lupa tambahkan seulas blush untuk mengimbanginya. Voila!

Memilih makeup tergantung pada selera masing-masing. Pilih yang membuat kita nyaman tanpa melupakan inspirasi dari sekitar.

Thanks for reading. Take care! (Kit)

× Image